"Loading..."

PT Inhutani III Manfaatkan Drone Mapping untuk Survey Potensi Tegakan Pinus di Kalbar

PONTIANAK, INHUTANI III (24/02/2021) │ PT Inhutani III Unit Nanga Pinoh, Kalimantan Barat memanfaatkan drone mapping untuk survey potensi tegakan pinus, Sabtu (20/2).

Seiring dengan kemajuan teknologi digital pada pemetaan udara, PT Inhutani III Kalimantan Barat tidak mau ketinggalan untuk memanfaatkan kecanggihan drone (rotary wings) dalam kegiatan pemetaan udara (drone mapping) dan survey potensi tegakan pinus di areal kerja Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu pada Hutan Tanaman Industri (IUPPHHK-HTI) PT Inhutani III Unit Nanga Pinoh. Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 20 Februari 2021 dan ditargetkan selesai dalam tempo 3 bulan.

Tujuan penggunaan drone ini adalah untuk mempercepat pengumpulan data berupa sebaran dan potensi tegakan pinus yang berada dalam areal kerja. Output dari kegiatan ini berupa peta sebaran dan potensi tegakan Pinus yang akan dipakai sebagai dasar perencanaan kegiatan penyadapan getah pinus kedepan. Dengan demikian diharapkan kegiatan penyadapan getah pinus dapat terencana dengan baik dan volume hasil sadapan bisa ditingkatkan secara signifikan. Selain data dan informasi terkait potensi tegakan pinus, dari survey udara ini juga diharapkan bisa mendapatkan data potensi-potensi lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan usaha dan pendapatan perusahaan.

General Manager (GM) Kalimantan Barat, Engkos Kosim, saat memaparkan rencana kegiatan pemetaan udara secara daring kepada Direksi PT Inhutani III mengatakan, “Penentuan titik koordinat area liputan dan pembuatan trayek atau jalur terbang bekerjasama dengan tenaga ahli dari Kantor Balai Pengeloaan Hutan Produksi (BPHP) Wilayah VIII Pontianak,  sedangkan untuk pelaksanaan penerbangan dan pengambilan foto udara dibantu oleh pilot drone dari Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Melawi.”

Direktur Utama PT Inhutani III, BM. Setio Baskoro usai mendengarkan paparan tersebut menyambut baik kegiatan ini dan mendorong agar seluruh karyawan PT Inhutani III selalu memanfaatkan teknologi untuk membantu mempercepat kegiatan-kegiatan di lapangan.

Editor : Ywn
Copyright©2021
Share: