"Loading..."

PT Inhutani V Ikuti Penanaman Bersama TAHURA Wan Abdul Rachman Lampung

BANDAR LAMPUNG, INHUTANI V (28/03/2021) | PT Inhutani V Unit Lampung mengikuti kegiatan penanaman yang diadakan oleh Taman Hutan Raya (TAHURA) Wan Abdul Rachman bersama PT Bukit Asam Lampung. Kegiatan ini merupakan kegiatan dalam upaya pelestarian nasional jenis bambu nusantara. Penanaman dilakukan di TAHURA Wan Abdul Rachman yang berada di Provinsi Lampung (20/3).

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HAE IPB) Lampung, Persatuan Sarjana Kehutanan Indonesia (PERSAKI) dan Instansi kehutanan lainnya.

Kegiatan penanaman yang dilakukan oleh panitia merupakan penanaman 172 jenis bambu. Bambu merupakan salah satu komoditas penting yang biasa dihasilkan pada hutan rakyat dan bisa memberikan banyak manfaat terutama dalam andil perekonomian masyarakat.

General Manager PT Inhutani V Unit Lampung, Ali Lukmanul Hakim mengatakan bahwa penanaman bambu yang telah diadakan merupakan langkah yang baik dan menjadi sebuah harapan untuk kedepan agar kegiatan ini menjadi berkelanjutan dan dapat memberikan edukasi dalam pengolahan bambu yang bisa diterapkan oleh masyarakat.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, terutama pada penanaman bambu. Seperti yang kita ketahui, bahwa bambu juga menjadi tanaman konservasi. Sebab, bambu secara ekologi dapat hidup dengan sistem perakaran yang rapat dan bisa menyebar ke segala arah. Sehingga, tidak mudah terkena erosi dan air dapat dengan mudah menyerap kedalam tanah. Selain itu, bambu juga banyak digunakan sebagai bahan bangunan. Harapan saya kedepan, kegiatan ini bisa terus berkelanjutan dan bisa mengedukasi masyarakat sekitar tetang pentingnya hutan dan hasil hutan yang tidak hanya dari kayu.” ujarnya. (Kom-IHT5/SAT)

Editor : Ywn
Copyright©2021
Share: