"Loading..."

Pusdikbang SDM Perhutani Berikan Pendampingan LMDH Kembangkan Usaha Wisata

MADIUN, PERHUTANI (25/9/2020) | Pusat Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Pusdikbang SDM) Perhutani mendorong Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Ngudi Waluyo Kabupaten Madiun untuk membangun pengembangan usaha wisata dalam rangka mengimplementasikan program Perhutanan Sosial dalam kegiatan pendampingan LMDH yang dilakukan di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Dungus, Madiun (25/9).

Dalam keterangannya Plt. Kepala Pusdikbang SDM Perhutani, Haris Tri Wahjunita mengungkapkan jika pengembangan usaha wisata dilaksanakan di petak 294 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Wungu, BKPH Dungus, Kabupaten Madiun.

“Pusdikbang SDM Perhutani memberikan pendampingan LMDH Ngudi Waluyo dan gabungan stakeholder Kabupaten Madiun untuk membentuk kerja sama dalam mendesain wahana wisata pada lokasi yang disebut ‘Palang Wesi,” katanya.

Menurut Haris Tri Wahjunita, pembangunan wahana wisata yang diberi nama ‘Palang Wesi Forest Park’ saat ini prosesnya sudah sampai pada pendirian bangunan rumah limas bernama Waroeng Alas, “Kami berharap semoga bangunan Waroeng Alas dapat menjadi ikon wisata tersebut,” ujarnya.

Wisata tersebut mengusung suasana alam sekitar dan view hutan jati yang alami dengan ikon bangunan semi-permanent berbentuk Rumah Limas yang nantinya dapat dijadikan sebagai wahana wisata kuliner tradisional serta akan ditambah dengan wahana pendidikan lingkungan berupa persemaian dan pembibitan tanaman hutan, tanaman hias, budidaya perikanan (sylvofishery) serta budidaya hewan ternak (sylvopasteur).

Ketua LMDH Ngudi Waluyo Agus berharap pembangunan untuk pengembangan usaha wisata ini dapat berjalan secara lancar. “Kami sampaikan terima kasih kepada Pusdikbang SDM Perhutani yang hingga saat ini telah mendukung dalam perencanaan pembangunan tempat tersebut,” katanya.

“Dengan support dan bimbingan dari Pusdikbang SDM Perhutani, kami mendapatkan dukungan serta motivasi yang tinggi sehingga program ini mampu berjalan secara optimal dengan perencanaan yang lebih detil,” imbuhnya. (Kom-PHT/Dik/RB)

Editor : Ywn

Copyright©2020