"Loading..."

Pusdikbang SDM Perhutani Dukung Komunitas Batik Madiun Gelar Pameran

MADIUN, PERHUTANI (2/10/2020) | Memperingati Hari Batik Nasional sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi, Pusat Pendidikan dan Pengembangan  Sumber Daya Manusia (Pusdikbang SDM) Perhutani mendukung Komunitas Batik Kota Madiun menggelar pameran di Forest Café & d’Arboretum Madiun, Rabu (2/10).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 6 kelompok partisipan antara lain Komunitas Batik Murni, Panorama Batik, Inda Bagas Lukis, Koperasi Batik Karismatik Sejahtera, MJS Catering serta Pusdikbang SDM Perhutani. Dalam kegiatan tersebut masing-masing kelompok mengadakan peragaan seperti nyanting untuk lukis batik dan memamerkan hasilnya serta membuat pagelaran tari tradisional untuk pengunjung Forest Café & d’Arboretum.

Mubarak N.A Sigit, selaku Tenaga Profesional Widyaiswara Pusdikbang SDM Perhutani mengatakan, jika ia sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Menurutnya agar kedepannya ada lebih banyak komunitas yang menggelar event di Forest Café & d’Arboretum di Madiun.

“Kegiatan ini dapat menjadi salah satu sarana edukasi bagi pengunjung. Harapan kami semoga masyarakat awam juga dapat mengetahui bahwa Forest Café tidak hanya sekedar menyediakan tempat nongkrong saja, tetapi juga sebagai sarana edukasi terutama dalam hal lingkungan dan budaya,” ujarnya.

Sementara itu Sri Murniati pemilik Batik Murni yang turut berpartisipasi dalam acara itu menyampaikan, bahwa kegiatan ini memperkenalkan batik pada masyarakat sekitar. “Kami mengusung tema Batik Warisan Adiluhung Nusantara Mahakarya Penuh Pesona, dengan tujuan untuk melestarikan warisan budaya leluhur,” katanya. (Kom-PHT/Dik/RB)

Editor : Ywn

Copyright©2020