"Loading..."

Pusdikbang SDM Perhutani Dukung PAUD Bahtera Kasih Madiun Membuat Bahan Ajar

MADIUN, PERHUTANI (20/10/2020) | Pusat Pendidikan dan Pengembangan (Pusdikbang) SDM Perhutani mendukung upaya sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Bahtera Kasih Kota Madiun dalam pembuatan bahan ajar pendidikan lingkungan untuk kegiatan belajar-mengajar secara daring, Selasa (20/10).

Tim Pengajar PAUD Bahtera Kasih melakukan kegiatan hunting dalam pembuatan materi pembelajaran berbasis video untuk PAUD dengan tema pendidikan lingkungan. Hunting dan casting tersebut dilakukan pada beberapa obyek di lingkungan Pusdikbang SDM Perhutani antara lain, Arboretum Selatan, Agroforestry Terpadu, dan Forest Cafe & d’Arboretum.

Suyitno selaku Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Pusdikbang SDM Perhutani menyebut bahwa lingkungan Pusdikbang SDM Perhutani merupakan tempat yang memiliki potensi sebagai lokasi pendidikan lingkungan.

“Karena kegiatan belajar dan mengajar kali ini dilaksanakan secara daring, maka Pusdikbang SDM Perhutani pun juga ikut serta mendukung proses pembuatan Bahan Ajar Materi Pendidikan Lingkungan tersebut,  mengingat kegiatan ini merupakan salah satu misi dari perusahaan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai pengenalan hutan secara umum seperti manfaat hutan sebagai agroforestry dan wisata, proses permudaan alami, permudaan buatan, dan sebagainya,” Suyitno memaparkan.

Lebih lanjut kata Suyitno, bahwa Pusdikbang SDM Perhutani juga telah membuka jasa pendidikan lingkungan khususnya bagi siswa-siswi sekolah, yang mana hal tersebut akan memberikan kesadaran kepada mereka akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Sementara Evi Santarosa selaku Kepala Sekolah PAUD Bahtera Kasih menyampaikan bahwa model pembelajaran berbasis video dengan tema Pendidikan Lingkungan ini ditujukan agar siswa-siswi dapat mengenal, menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Pendidikan Lingkungan tersebut saya rasa merupakan salah satu hal terpenting, terutama bagi anak-anak usia dini. Mereka perlu diberikan edukasi dan diarahkan agar mengerti akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan terutama hutan yang saat ini berfungsi sebagai paru-paru dunia,” katanya.

Evi menambahkan, bahwa Pusdikbang SDM Perhutani ini memang sangat cocok karena menyediakan arboretum dan agroforestry yang dapat digunakan sebagai media edukasi bagi anak-anak. (Kom-PHT/Dik/Rb)

Editor : Ywn

Copyright©2020