"Loading..."

Pusdikbang SDM Perhutani Manfaatkan Ruang Musik Jadi Studio Rekaman Pendidikan

MADIUN, PERHUTANI (10/9/2020) | Era digital menjadikan teknologi komunikasi dan informasi terus mengalami perkembangan, sehingga perkembangan teknologi tersebut harus dimanfaatkan untuk kepentingan pendidkan. Hal itulah yang ditangkap oleh Pusdikbang SDM Perhutani yang melakukan perubahan fungsi ruang musiknya menjadi studio rekaman untuk pendidikan.

Menurut Haris Tri Wahjunita selaku Plt. Kepala Pusdikbang SDM Perhutani bahwa kedepannya teknik belajar mengajar akan beralih ke media online atau biasa disebut digital learning (E-Learning). “Maka dari itu sangat diperlukan bahan materi ajar berbentuk video agar lebih mudah diterima oleh peserta diklat yang menjalani pendidikan di Pusdikbang SDM Perhutani,” katanya.

“Ruang Musik yang sebelumnya kerap dimanfaatkan sebagai tempat melampiaskan hobi bermain alat musik akan kami rubah fungsinya menjadi studio rekaman yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai ruang rekaman video materi pembelajaran bagi peserta diklat,” ujarnya.

Haris Tri Wahjunita menambahkan, bahwa studio rekaman nantinya dapat dimanfaatkan oleh Tenaga Profesional (Widiyaiswara) Pusdikbang SDM Perhutani dalam pembuatan video materi pembelajaran. “Pembelajaran dengan visualisasi seperti video lebih mudah diserap dari pada teks tertulis sehingga hal ini akan mampu meningkatkan proses pembelajaran bagi peserta diklat yang menjalani pendidikan di Pusdikbang SDM Perhutani,” paparnya.

Dalam proses perubahan ruang tersebut, Pusdikbang SDM Perhutani secara perlahan menambah beberapa fasilitas yang ada seperti kamera, recorder audio (perekam audio), lightning (pencahayaan) dan lain-lain sehingga perubahan tersebut bisa membuat Pusdikbang SDM Perhutani bertransformasi menjadi Perhutani Corporate University. (Kom-PHT/Dik/RB)

Editor : Ywn

Copyright©2020