"Loading..."

Randublatung Bagikan Sharing 2,4 Milyar

2014-10-15-Rdb-Sharing-ADM SHARE

Dok. Kom-PHT / Rdb @2014

RANDUBLATUNG.PERHUTANI ( 14/10 ). Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan ( KPH ) Randublatung bagikan sharing Produksi kayu kepada lembaga masyarakat desa hutan ( LMDH ) sebesar 2,4 miliar dalam sistim Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM), Pemberian sharing tersebut dipusatkan di Desa Pengkol jagong, Kecamatan Jati kabupaten Blora. Selasa.

Administratur Perum Perhutani Randublatung, Herdian Suhartono menyatakan bahwa Corporate Sosial Responsibility ( CSR ) yang dilakukan Perhutani Kepada Masyarakat desa hutan, melalui PHBM merupakan sistim pengelolaan hutan yang sangat efektif selama ini dimana keberpihakan Perhutani terhadap masyarakat sekitar hutan terpotret secara jelas.

“Masyarakat desa hutan merupakan bagian dalam proses pengelolaan hutan saat ini yang berbasis pada tiga pilar utama yaitu kelola sosial, produksi dan lingkungan dan untuk mencukupi ketiga aspek kelola tersebut peran masyarakat desa butan cukup besar “ , tambahnya.

Ketua Asosiasi LMDH Wahana makarti wana Randublatung, Bambang Kiswanto mengatakan bahwa dalam penggunaan sharing sesuai dengan kesepakatan yang telah ditandatangi bersama antara ketua LMDH, Perhutani dan Asosiasi LMDH menjelaskan bahwa penggunaan dana tersebut dimanfaatkan untuk beberapa hal baik untuk bidang pendidikan, sosial,keagamaan ,kepemudaan, kesekertariatan, kontribusi terhadap lingkungan /kawasan hutan dan lain – lain.

Asosiasi LMDH juga memfasilitasi kepada LMDH yang tidak mendapatkan sharing karena potensi pangkuan hutan yang belum mampu berproduksi.

“Jalan keluarnya adalah kita lakukan subsidi silang yang berasal dari LMDH yang mendapatkan Sharing banyak untuk menyisihkan sebagian pendapatannya dan diberikan kepada LMH yang tidak menerima sharing, besaran prosentasenya pembagian kita tentukan bersama sehingga tercapai kesepakatan , dengan adanya subsidi silang ini diharapkan semua LMD yang ada di KPH Randublatung bisa merasakan manfaat dari adanya pengelolaan hutan yang dilakukan oleh Perhutani”, Tambahnya. ( Kom-PHT/RDB-ANDHAN)

Editor : Dadang K Rizal
@copyright 2014

Share: