"Loading..."

Ratusan Kilogram Benih Tanaman Ditabur di Kawasan Gunung Kawi dan Tahura R. Soeryo

MALANG, PERHUTANI (12/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Malang bekerjasama dengan TNI AU melakukan penaburan benih tanaman dari udara (Aeroseeding) di kawasan hutan Gunung Kawi dan Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soeryo pada Kamis (12/12).

Aeroseeding tersebut menggunakan pesawat Cassa C-212 milik TNI AU yang bertolak dari Pangkalan Udara (Lanud) Abdul Rahman Saleh Malang. Penaburan dilakukan dua kali, dengan tujuan pertama melakukan penaburan dari udara dikawasan Tahura R. Soeryo dan rute kedua di kawasan hutan Gunung Kawi Malang.

Administratur KPH Malang Hengki Herwanto menyampaikan, “Kegiatan Aeroseeding ini adalah hasil kerjasama antara Perhutani KPH Malang, Perhutani KPH Pasuruan, TNI-AU, BPBD Jatim, Tahura R Soeryo dan BPBD Kabupaten Malang,” katanya.

Menurut Hengki penaburan benih tersebut dilakukan melalui udara karena lokasinya sangat sulit dijangkau, dan rata-rata berada di lereng pegunungan yang merupakan area bekas kebakaran hutan. “Ada ratusan kilogram benih yang ditabur dari udara berupa sengon, trembesi, mahoni, wadang dan sengon buto,” ujarnya.

Semntara itu Komandan Lanud Abdul Rahman Saleh, Marsma Wayan Suparman menyampaikan bahwa acara Aeroseeding ini dijadwalkan dengan dua kali  penerbangan (Flight)  dengan membawa benih sebanyak 350 kilogram pada tiap penerbangannya.

Menurut Wayan Suparman masih ada sisa benih sebanyak 800 kilogram. “Rencana akan ditaburkan dari udara pada tanggal 23 November 2020 bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, “Namun kami masih menunggu persetujuan, karena masih dalam proses usulan,” pungkasnya. (Kom-PHT/Mlg/Spy)

Editor : Ywn

Copyright©2020