"Loading..."

Rencana Pengembangan Borobudur Higland, BOB Minta Pertimbangan Teknis Perhutani

KEDU SELATAN, PERHUTANI (27/02/2021) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan bertemu Tim Badan Otoritas Borobudur (BOB) di Kantor KPH Kedu Selatan, Purworejo dalam rangka pengembangan fasilitas pendukung BOB di jalur Gerbang Ngglingo – Sedayu, Jum’at (26/02).

Kedatangan Kepala Divisi Amenitas BOB Imam Subikhi bersama jajaran guna meminta dukungan serta pertimbangan teknis dan administratif terkait rencana pengembangan wisata Borobudur Highland di kawasan Badan Otorita Borobudur seluas 259 Ha. Hal ini perlu mendapat perhatian agar tidak melanggar kaidah aturan yang ada, mengingat di lokasi tersebut akan dibangun fasilitas pendukung wisata BOB seperti gedung pusat informasi, stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), café dan aula terbuka.

Administratur KPH Kedu Selatan, Komarudin menjelaskan terkait rencana pengembangan kawasan BOB dan mekanisme tukar menukar kawasan hutan yang saat ini sedang berproses.

“BOB akan mendapatkan ijin penggunaan kawasan namun demikian dalam pengembangannya tetap memperhatikan aspek lingkungan. Lebih lanjut akan dilakukan survey bersama Perhutani, BOB dan Cabang Dinas Kehutanan (CDK). Sedangkan untuk rencana kerja sama bersama Perhutani dimana pengelolaan kawasan hutan masih di bawah Perhutani, kedepan kerja sama ini tidak hanya melibatkan BOB, namun juga melibatkan pemerintah setempat termasuk masyarakat desa sekitar hutan. Dengan adanya sinergi antar instansi diharapkan kerja sama ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ujar Komarudin.

Di kesempatan yang sama, Komarudin juga menyampaikan bahwa wisata sebagai salah satu penggerak ekonomi di masyarakat sangat terdampak situasi pandemi corona. Ia berharap pengembangan BOB tidak hanya akan menjadi destinasi wisatawan domestik / nasional namun juga wisata mancanegara sehingga bisa kembali menumbuhkan roda ekonomi masyarakat di sekitar BOB.

“Hal ini merupakan salah satu tantangan kita bersama mendukung program pemerintah untuk menumbuhkan kembali ekonomi dari sektor wisata dan kreatif, seiring tumbuhnya harapan dengan adanya vaksin C19,” ujarnya lebih lanjut.

Kepala Divisi Amenitas BOB Imam Subikhi, mengucapkan terima kasih atas support dan arahan Perhutani untuk kemajuan Borobodur Highland sehingga pengembangan sarana prasarana BOB dalam kawasan hutan nantinya tidak keluar dari aturan yang telah ditetapkan serta tetap mempertimbangkan kelestarian hutan.

“Harapannya koordinasi selanjutnya bersama Perhutani dan pihak-pihak terkait dapat segera direalisasikan.” tutupnya (Kom-PHT/Kds/Ken)

Editor : Ywn
Copyright©2021