"Loading..."

Saka Wanabakti Binaan Perhutani dan Komunitas IKPASS Reboisasi Hutan Mangrove di Banyuwangi

BANYUWANGI SELATAN, PERHUTANI (6/10/2020) | Saka Wanabakti binaan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Selatan bersama Komunitas Ikatan Pecinta Alam Semar Sakti (IKPASS) Pesanggaran melakukan kegiatan reboisasi hutan mangrove di petak 130 h seluas 4 hektar wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kedunggebang Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Blambangan, Minggu (4/10).

Administratur KPH Banyuwangi Selatan Nur Budi Susatyo selaku Pembina Saka Wanabakti Banyuwangi melalui Instruktur Saka Wanabakti Maryono mengatakan, bahwa kegiatan ini rutin dilakukan seminggu sekali dengan harapan memperkenalkan pada generasi muda tentang pentingnya fungsi dan manfaat hutan.¬† “Tanaman mangrove berfungsi untuk mencegah terjadinya air laut naik ke darat,” ujarnya.

Ketua Komunitas IKPASS Pesanggaran Moh. Kowim usai acara penanaman mengatakan, bahwa kegiatan tesebut merupakan agenda rutin bagi pihaknya sebagai pecinta alam. “Bukan hanya reboisasi tanaman mangrove ini yang di lakukan termasuk didalamnya bersih-bersih sungai dari sampah,” katanya.

“Selagi kami mampu sebagai generasi mileneal akan selalu siap menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk kepentingan orang banyak,” imbuhnya.

Sementara Gita Putri Maharani anggota Saka Wanabakti yang masih bersekolah di SMK 17 Tegaldlimo merasa bersyukur karena bisa menambah ilmu pengetahuan tentang fungsi dan manfaat tanaman mangrove, “Di sekolah belajar teori, sementara dilapangan seperti sekrang ini kami langsung praktek,” ujarnya. (Kom-PHT/Bws/Muk)

Editor : Ywn

Copyright©2020