"Loading..."

Sambut Liburan Cuti Bersama, Wanawisata Ciwidey Optimalkan Protokol Keamanan Covid-19

PIKIRAN-RAKYAT.COM (20/10/2020) | Sejumlah kawasan wisata hutan atau wanawisata di kawasan Ciwidey, di selatan Bandung, diperkirakan akan menjadi tujuan banyak orang untuk berwisata memanfaatkan masa liburan cuti bersama 28 Oktober sampai 1 November 2020.

Namun untuk mengoptimalkan keamanan dan kenyamanan pada masa new normal pandemi. Covid-19 ini, pihak pengelola, yaitu Perum Perhutani, menerapkan protokol kesehatan. Setidaknya, ada tiga kawasan wanawisata areal Ciwidey yang selama ini tinggi diminati wisatawan, yaitu Kawah Putih, Rancaupas, dan Cimanggu.

Manager Area Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Wisata Klaster Ciwidey Perum Perhutani, Trisna Mulyana, di Bandung, kepada DeskJabar, Selasa, 20 Oktober 2020, menyebutkan, wisata alam diketahui kini menjadi pilihan utama masyarakat. Begitu pula semasa pandemi Covid-19, wisata alam lebih diminati, selain karena harganya relatif murah juga diyakini lebih aman karena merupakan udara terbuka.

Melihat fenomena ini, menurut Trisna Mulyana, kunjungan pada liburan cuti bersama long weekend sekarang ini diperkirakan akan menjadi klimaks. Melihat trend kunjungan wisata alam ini, cenderung ada peningkatan pada wisata alam terbuka, dimana kegemaran berkemah atau camping kini meninggi kembali.

“Upami istilahnya, ‘wajib pisan’, protokol kesehatan diterapkan dan disediakan pada berbagai lokasi yang diperkirakan akan menjadi kerumunan orang pada kawasan wanawisata klaster Ciwidey. Akan banyak petugas secara terkoordinasi dengan sejumlah pihak, yang disiagakan untuk menciptakan kedisiplinan para wisatawan akan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sumber : pikiran-rakyat.com

Tanggal : 20 Oktober 2020