"Loading..."

Sejarah kembali terukir di KPH Bojonegoro

KPH BOJONEGORO – Rabu, 10/04/2013 Pukul 07.00 Wib bertempat di Alun-Alun Kota Bojonegoro, sejarah telah terukir di KPH Bojonegoro, untuk pertama kalinya KPH Bojonegoro bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bojonegoro dan satuan kerja yang ada di Kota Bojonegoro dengan visi dan misi saling bersinergi demi Hutan Bojonegoro tercinta agar tetap terjaga dan lestari. Dan bertepatan dengan Peringatan HUT Perhutani ke 52 dan Hari Bhakti Rimbawan ke 30 serta Hari Buku Dalam Bulan Bahasa. Administratur/KKPH Bojonegoro, Anggar Widiyatmoko, S.Hut menyelenggarakan kegiatan Lomba Mewarnai untuk Tingkat Taman Kanak-Kanak dan Lomba Mengarang untuk Tingkat SD, (MI), SLTP, (MTs), SLTA, (MA) di Kabupaten Bojonegoro dengan Tema “HUTAN ADALAH SAHABAT DAN RUMAH KITA”. Lomba diikuti ± 755 pelajar dan hadir dalam acara tersebut Bupati Bojonegoro, Drs. H Suyoto, Msi beserta ibu, Administratur/KKPH Bojonegoro, Anggar Widiyatmoko, S.Hut beserta Ibu dan jajaran KPH Bojonegoro, Kepala Satuan Kerja yang ada di Kota Bojonegoro beserta jajaran, Guru-Guru pendamping Lomba, Pejabat dilingkup Badan Arsip dan perpustakaan Provinsi Jatim, Bapak dan Ibu Pendamping peserta Lomba serta seluruh undangan dan warga Kota Bojonegoro ± 2000 orang.

Dalam sambutannya Administratur/KKPH Bojonegoro, Anggar Widiyatmoko, S.Hut Menjelaskan bahwa acara Lomba ini adalah salah satu dari bentuk pembelajaran dan merupakan pesan bagi generasi muda agar mengerti arti pentingnya Hutan bagi mahkluk hidup dan fungsi bagi keseimbangan alam semesta ini. dan semua itu dituangkan dalam lukisan dan karangan tentang “HUTAN ADALAH SAHABAT DAN RUMAH KITA”. Ibarat pepatah Kota Bojonegoro itu “YEN KETIGO RAISO NDODOK YEN RENDENG GAK ISO CEWOK” oleh sebab itu dengan diadakanya kegiatan lomba ini pembelajaran mulai dari dini disekolah harus benar-benar diterapkan, dan  kesadaran tentang lingkungan dan alam semesta ini tinggi. Dan tidak lupa kegiatan ini juga untuk mengasah apresiasi para pelajar agar bisa menyalurkan bakat dan kemampuannya sehingga lebih kreatif dan Inovatif untuk berkarya.

Sementara itu pada acara pembukaan lomba mewarnai dan mengarang ini Bupati Bojonegoro, Drs. H Suyoto, Msi  menyampaikan bahwa “HUTAN TIDAK HANYA SAHABAT DAN RUMAH BAGI KITA AKAN TETAPI HUTAN JUGA MENJADI TEMPAT BELAJAR BAGI KITA”. Kita bisa belajar dari hutan dan alam yang ada di Bumi ini. kita bisa berkarya, berkreasi, dan berinovatif dengan hutan dan alam ini. dan Kang Yoto sangat senang bersinergi dengan Administratur/KKPH Bojonegoro, Anggar Widiyatmoko terutama dengan Perhutani. Karena Perhutani sangat membantu salah satunya menyediakan lahan atau lokasi untuk Embung sebagai tempat resapan air agar kalau waktu kemarau kita tidak akan kekeringan sehingga bisa mengairi persawahan dan kalau musim hujan kita tidak akan kebanjiran. Belum lagi kita akan dibantu disediakan lahan untuk LAPTER Bojonegoro sehingga kita kalau bepergian naik pesawat tidak usah jauh-jauh ke Juanda atau bandara lainnya, akan tetapi semua itu tetap harus melalui prosedur dan aturan perijinan dari Perhutani dan Kementerian Kehutanan.

Dalam kesempatan itu kang Yoto mengajak semua peserta Lomba dan undangan yang hadir untuk bernyanyi “POHONKU” dilanjutkan dengan melihat langsung kegiatan para pelajar peserta lomba mengerjakan mewarnai dan mengarang. kemudian diadakan acara Foto bersama secara bergantian hingga selesai acara. Disela-sela acara menunggu penggumuman pemenang lomba, panitia mengadakan acara pembagian Doorprice berupa uang tunai pecahan Rp 50.000 sebanyak 10 anak. Berbagai permainan, kontes dan kuis dilakukan panitia sehingga menambah suasana semakin hidup dan meriah disambut dengan antusias oleh para pelajar untuk berupaya merebut dan mendapatkan hadiah Doorprice dari panitia. Dan tibalah saatnya pengumuman pemenang Lomba Mewarnai dan Mengarang diumumkan oleh  tim koordinasi juri dari badan Arsip dan perpustakaan Provinsi Jatim, Dra. Titik, Msi serta Dra. Vita MM. membacakan keputusan Dewan Juri bahwa berdasarkan BAP hasil penilaian dilakukan dengan cara obyektif dan sebaik-baiknya serta tidak dapat diganggu gugat.

Memutuskan, pemenang juara I lomba mewarnai tingkat taman kanak-kanak diraih oleh Amanda NF dari TK Bhayangkari, sementara Yusuf dari TK Setda  menjadi juara II, serta Raynado dari TK Setda II menjadi juara III. Sementara untuk lomba mengarang tingkat Sekolah Dasar, Shofia Tiara C. dari SDN Kepatihan menjadi juara I dengan nilai 89, sedangkan Dewi Mariana S. dari MINU Unggulan menjadi juara II dengan nilai 88, sementara Zakia Ilma Mazida berada diperingkat ketiga dari SD Muhammadiyah dengan niali 86. Untuk tingkat SMP sendiri Diffarya Zaki Rahman dari SMP Nageri 2 menjadi juara I dengan nilai 93, Elevin Angga Dwi J dari SMP Negeri 7 menjadi juara II dengan nilai 85, selain itu Feby Irma Damayanti dari SMP Negeri 4 menjadi juara III dengan raihan nilai 80. Untuk tingkat SMA sebagai juara I Lomba mengarang adalah Fitria Dwi Rahayu dari SMKN I dengan nilai 403, sedangkan Dewi Widya Ningrum dari MAN I meraih nilai 402 menjadi juara II, Rizky Faricha dari SMKN I dengan nilai 400 menempati peringkat III. Dan penyerahan hadiah diserahkan pada hari kamis, 11/04/2013 oleh Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono dan Kepala Tata Usaha KPH Bojonegoro, T. Agung Pribadyo, SIP.MM, dipendopo Malowopati pada acara talk show minat baca. Hadiah berupa uang pembinaan, piala dan piagam bagi masing-masing juara.   HMS Bjr/MKM-RFK

ADM

Ny. ANGGAR WIDIYATMOKO

PEMENANG

SINERGI ADM

Share: