"Loading..."

Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya gelar Pendidikan Lingkungan di Pusdikbang SDM Perhutani

MADIUN, PERHUTANI (13/11/2019) | Pusat Pendidikan dan Pengembangan Sumbet Daya Manusia (Pusdikbang SDM) Perhutani kedatangan tamu siswa-siswi dari Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya, yang melaksanakan kegiatan Pendidikan Lingkungan dalam lingkup Pusdikbang SDM Perhutani, Selasa (13/11).

Pendidikan Lingkungan kali ini diikuti oleh 55 peserta yang merupakan siswa-siswi kelas V Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Surabaya dan dibimbing oleh 9 guru pendamping dari pihak sekolah.

Pada kegiatan pertama, dimulai dengan makan siang bersama. Setelah makan siang, seluruh peserta melaksanakan pembelajaran di dalam ruangan Sonokeling, bersama dengan pengajar dari Pusdikbang SDM Perhutani yang juga merupakan Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Perhutani, yaitu Suyitno. Beliau menyampaikan materi dasar mengenai latar belakang perusahaan Perhutani, Wilayah Kerja Perhutani, Lingkungan Hutan, Ekosistem, dan Pengelolaan Hasil Sumber Daya Hutan kayu dan non-kayu kepada seluruh siswa.

Menurut Rina, salah satu guru pendamping dari Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Surabaya. Pendidikan lingkungan seperti ini merupakan salah satu cara yang efektif dalam menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang pada lingkungan.

“Pembelajaran mengenai lingkungan ini memang perlu diajarkan sejak dini, agar nantinya kebiasaan seperti ini mampu mereka bawa hingga dewasa. Kita juga tahu bahwa seluruh Mahluk Hidup bertopang kepada lingkungan. Jadi kita harus menanamkan kebiasaan untuk mencintai dan peduli terhadap lingkungan hidup dimulai sejak kecil.” ucapnya.

Setelah materi di dalam ruangan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktek diluar ruangan. Praktek dilaksanakan di Arboretum Selatan, Pusdikbang SDM Perhutani. Untuk materi yang disampaikan kali ini adalah pengenalan lingkungan sekitar, cara mengukur ketinggian pohon, dan cara penghitungan usia/lingkar tahun pohon. (Kom-PHT/Dik/Rb)

Editor : Ywn

Copyright©2019