"Loading..."

Selamatkan Mata Air, Perhutani Bersama Stakeholder Tanam Bibit MPTS di Kediri

KEDIRI, PERHUTANI (27/12/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kediri bersama stakeholder melakukan penanaman 1.000 bibit pohon Multy Purpose Tree Species (MPTS) sebagai upaya menyelamatkan sumber mata air Sangut Desa Besowo Kecamatan Kepung wilayah RPH Besowo BKPH Pare, Minggu (27/12).

Kegiatan penanaman dihadiri sekitar 70 orang terdiri dari berbagai unsur antara lain, Masyarakat Pecinta Lingkungan, Aliansi Relawan Muslim Indonesia (ARMI), Pemerintah Desa Besowo Kecamatan Kepung, Pramuka Saka Wanabakti Kediri, Pengurus dan Anggota LMDH Wono Asri Desa Besowo serta Karyawan Perhutani.

Bibit yang di tanam di sekitar sumber mata air tersebut antara lain kepuh, trembesi, pulai, kluwih dan durian karena jenis tanaman ini bisa menyimpan air dan bagus untuk peneduh dan bisa diambil buahnya, sehingga masyarakat bisa memetik hasil dari buah tanaman tersebut.

Administratur KPH Kediri A. Fadjar Agung Susetyo yang diwakili oleh Asper BKPH Pare Giman menjelaskan, bahwa kegiatan penghijauan tersebut dilakukan untuk penyelamatan sumber mata air yang merupakan sumber utama aliran air yang dimanfaatkan dalam kesehariannya oleh masyarakat Desa Besowo dan sekitarnya.

Giman  memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas partisipasi semua elemen dalam kegiatan penanaman tersebut. ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk peduli dan menjaga kelestarian hutan.

Sementara itu perwakilan dari ARMI dr. Ari Purnomo menyampaikan bahwa sumber mata air Sangut sangat besar manfaatnya bagi masyarakat sekitarnya, “Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama Perhutani yang telah peduli pada kelestarian sumber mata air dan berharap kegiatan ini berkah untuk semua masyarakat, juga berharap agar masyarakat bisa merawat dan menjaga tanaman agar tumbuh baik sehingga dapat dirasakan oleh generasi berikutnya,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Besowo Suyanto yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani dan Relawan Peduli Lingkungan yang dengan suka rela telah menanam dan melestarikan sumber air. “Mudah-mudahan dengan melestarikan sumber air ini nantinya dapat dirasakan hasilnya oleh masyarakat Desa Besowo,” katanya. (Kom-PHT/Kdr/Ton)

Editor : Ywn

Copyright©2020