"Loading..."

Siapkan Petugas, Perhutani Gelar Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan di Parengan

PARENGAN, PERHUTANI (30/07/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan menggelar Apel Siaga Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) bertempat di Wana Wisata Prataan Desa Wukirharjo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban, Kamis (30/7).

Apel Siaga tersebut juga dihadiri Camat Parengan Eko Suhartadi, Kapolsek Parengan Iptu Gunadi, Danramil Parengan Kapten Infateri Heri Purnomo serta Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Menurut Wakil Administratur KPH Parengan Suhartono selaku pembina apel menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk menyiapkan petugas dalam menghadapi musim kemarau yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. “Apalagi kawasan hutan KPH Parengan sebagian besar di dalam kawasannya merupakan tegakan jati,” katanya.

Suhartono berharap tahun ini tidak ada kebakaran hutan di wilayah kerjanya, “Kami akan terus bersinergi dengan stakeholder terkait untuk bekerjasama dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar hutan untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

“Kita jangan sampai lengah, kita harus selalu siap siaga dalam mencegah dan mengendalikan kebakaran hutan. Karena pengalaman tahun lalu ada warga yang tidak bertanggung jawab membakar lahan menyebabkan kebakaran di kawasan hutan, semoga hal ini tidak terulang lagi.” tambah Suhartono.

Sementara itu Camat Parengan, Eko Suhartadi menyatakan senang dilibatkan dalam apel tersebut. “Kita bisa memberi sosialisasi kepada masyarakat supaya tidak membakar hutan dan siap ikut mensukseskan dalam upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Usai apel siaga kebakaran, dilakukan penyerahan secara simbolis sarana dan prasarana Dalkarhutla oleh Suhartono kepada Polisi Hutan selaku petugas pemadam kebakaran hutan KPH Parengan dan disaksikan oleh seluruh peserta Apel. (Kom-PHT/Prg/Ags)

Editor : Ywn

Copyright©2020