"Loading..."

Sinergi BUMN Bantu Long Boat Pada Masyarakat Binaan Perhutani Di Sorong Selatan Papua Barat

Dok.Kom-PHT/ Kanpus ©2017

JAKARTA, PERHUTANI (27/11/2017) | Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bosiro, di Distrik Kais, Sorong Selatan Papua Barat mitra binaan Industri Sagu Papua Perum Perhutani, menerima bantuan long boat atau perahu mesin berkapasitas 2×40 PK dan 20 life jacket dari BNI Cabang Sorong dalam rangka Sinergi BUMN pada Selasa (21/11).

Bantuan diserahkan Kepala Cabang BNI Sorong, Yeska Friadi kepada Wakil Bupati Sorong Selatan, Marthinus Salamuk untuk selanjutnya diterimakan kepada Ketua LMDH Bosiro Efradus Bandi, didampingi Kepala Distrik Kais Yulius Keba dan General Manager Industri Sagu Papua Perhutani Panca Sihite di Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat.

Masyarakat di distrik Kais, Sorong Selatan kegiatan ekonomi dan sosialnya sehari-hari menggunakan transportasi air karena akses yang ada adalah sungai dan laut sedangkan akses darat belum memadai sehingga long boat adalah alat angkut utama.  Masyarakat yang bergabung dalam LMDH Bosiro adalah mereka yang bekerjasama dalam pengelolaan sagu di hutan untuk memenuhi bahan baku Industri Sagu Papua Perum Perhutani di distrik Kais, Kabupaten Sorong Selatan.

Sejak 2012 Perum Perhutani mendapat mandat Kementerian BUMN untuk mengembangkan industri Sagu di Papua Barat dan telah mendapat Ijin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (sagu) pada Hutan Alam seluas 16.055 Ha. Perum Perhutani bermitra dengan masyarakat setempat melalui LMDH Bosiro dan stakeholder lainnya untuk pemberdayaan mereka.

Ketua LMDH Bosiro Efradus Bandi menyampaikan terimakasihnya kepada BUMN atas bantuan long boat tersebut, dan mengaku bahwa nantinya long boat akan dimanfaatkan untuk kegiatan jemaat ke gereja, rombongan anak sekolah, bahkan mengangkut hasil pertanian kelompok Bosiro.

Direktur Utama Perum Perhutani, Denaldy M Mauna di kantor pusat Jakarta menyatakan bahwa BUMN memang harus berkontribusi nyata mendukung pembangunan Indonesia Timur, khususnya BUMN yang kegiatannya bersentuhan langsung dengan masyarakat disekitarnya. Perum Perhutani senantiasa berupaya melakukan sinergi dengan BUMN lain untuk mendukung dan membantu usaha produktif masyarakat seperti kepada LMDH Bosiro ini agar menjadi LMDH mandiri.

 “Bantuan longboat kepada masyarakat di distrik Kais, Sorong Selatan itu adalah contoh dukungan dan kontribusi kita sebagai BUMN kepada masyarakat melalui Sinergi BUMN. Ini dampaknya positif untuk perekonomian lokal, apalagi kalau BUMN-BUMN lain segera bergerak di Sorong Selatan, saya yakin daerah tersebut cepat maju” demikian Denaldy. (Kom-PHT/PR/2017-XI-60)