"Loading..."

Sinergi Dengan Forkopimda Trenggalek, Perhutani Kediri Ikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana

KEDIRI, PERHUTANI (6/11/2020) | Menghadapi musim hujan yang rentan terhadap terjadinya bencana alam banjir dan tanah longsor, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kediri berpartisipasi mengikuti apel kesiapsiagaan bencana digelar oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Trenggalek bertempat di Mapolres Trenggalek, Jumat (6/11).

Selain Perhutani apel tersebut juga diikuti instansi dan unsur lainnya antara lain yakni jajaran TNI/Polri di wilayah Trenggalek, Badan SAR Nasional, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Taruna Tanggap Bencana (Tagana), Komunitas Radio dan anggota Pramuka.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring mengatakan, jika kegiatan apel siaga tersebut merupakan bentuk kesiapan dalam menghadapi bencana alam di seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek. Pihaknya menekankan dalam proses penanganan perlu sinergitas yang kuat antar instansi agar penanganan bisa menjadi lebih komprehensif dan menyentuh semua aspek.

Sementara itu Perhutani KPH Kediri yang sebagian besar kawasan hutannya berada di Kabupaten Trenggalek, melalui Wakil Admnistratur KPH Kediri wilayah Selatan Adi Nugroho menyampaikan, bahwa kerawanan bencana alam di Kabupaten Trenggalek adalah banjir dan tanah longsor. “Dengan adanya apel ini semua instansi dapat menyamakan persepsi dan bersinergi dengan sigap, tanggap, cepat bergerak saat terjadi bencana alam, khususnya areal kawasan hutan yang berhimpitan dengan jalan umum maupun rumah warga,” ujarnya.

Menurut Adi, memasuki musim penghujan ini pihaknya telah menginstruksikan jajarannya mulai Asisten Perhutani (Asper) dan jajarannya untuk mewaspadai potensi bencana alam yang mungkin terjadi khususnya di kawasan hutan. “Guna mengantisipasi diperlukan respon cepat dan segera turun ke lapangan melihat lokasi dan melaporkan ke pimpinan,” ujarnya.

Terkait dengan penanggulangan bencana Adi menyampaikan bahwa di setiap Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) telah disiapkan posko bencana dan pihaknya telah menyiagakan petugas yang cepat tanggap jika sewaktu-waktu terjadi bencana. (Kom-PHT/Kdr/Ton)

Editor : Ywn

Copyright©2020