"Loading..."

Tanam Pohon di Hari Pohon Sedunia

PIKIRAN-RAKYAT.COM (22/11/2020) | Sejumlah komunitas seni lakukan kegiatan penghijauan di kawasan hutan lindung Kamojang Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung Jawa Barat. Kegiatan penghijauan yang dilaksanakan spontanitas itu merupakan dalam rangka “Hari Pohon Dunia”. Hal itu untuk mewujudkan, ‘Leuweung Hejo, Rahayat Ngejo’.

Para pemuda yang tergabung dalam Paguyuban Saampar Jagat Sauyunan itu berasal dari komunitas seni Trimarga, Sidogam, Laskar Sunda dan Rawis. Pada musim hujan ini, mereka terlihat antusias menanam pohon dengan berbagai jenis.

Mereka berharap lahan hutan yang minim pohon tegakan itu bisa kembali hijau untuk mengurangi erosi tanah, dan luncuran air disaat memasuki musim hujan. Harapan lainnya dapat mengurangi risiko ancaman banjir dari luapan Sungai Citarum dan anak-anak sungai. Mengingat kawasan hutan Kamojang itu bagian dari hulu Sungai Citarum.

Ketua Paguyuban Saampar Jagat Sauyunan Cepi Iswandi mengatakan, mengadakan kegiatan penanaman pohon di hutan lindung Kamojang untuk menghijaukan kembali kawasan hutan lindung.

“Untuk pelaksanaan penanaman pohon itu, Paguyuban Saampar Jagat Sauyunan bersinergi dengan Yayasan Dawuh Pasundan, Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Kami juga mendapat dukungan dan motivasi dari Kanit Binmas Polsek Ibun Aiptu Nunuh Sutisna, yang dijuluki manusia pohon karena kebiasaannya menanam pohon. Bahkan, beliau sebagai tutor penanaman,” tutur Cepi kepada Portal Bandung Timur di Ibun.

Cepi mengatakan, penanaman pohon ini bertujuan untuk memperbaiki ekosistem alam bagi kelangsungan hidup manusia.

“Adapun jenis pohon yang ditanam di antaranya pohon salam, kibeureum, hurumentek dan kicangkudu. Berbagai jenis pohon itu disebar di sekitar hutan lindung Kamojang,” katanya.

Di tempat sama, Indra R. Rachman dari Dawuh Pasundan berharap dengan acara tersebut bisa terjalinnya sinergisitas disemua aspek kelembagaan.

“Baik itu pemerintah pusat/daerah, tidak hanya LSM/penggiat lingkungan saja yang tergugah untuk melaksanakan kegiatan pelestarian lingkungan ini. Kami berharap giat penanaman pohon ini berdampak baik untuk masyarakat kawasan sekitar dalam pemanfaatan kawasan perhutanan,” ujarnya.

 

Sumber : pikiran-rakyat.com

Tanggal : 22 November 2020