"Loading..."

Tertarik Budidaya Porang, PT Prima Agung Surabaya Tinjau Lokasi di Perhutani Parengan

PARENGAN, PERHUTANI (14/10/2020) | Umbi Porang yang memiliki nilai jual tinggi menjadi daya tarik investor untuk mengembangkan tanaman tersebut, salah satunya PT Prima Agung Surabaya yang meninjau lokasi tanaman porang di wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan pada Selasa (13/10).

Lokasi tanaman porang tersebut berada di petak 108 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Getas Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pumpungan yang wengkon desanya masuk Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jati Makmur Desa Kemlaten Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban.

Sebelumnya investor dari PT Prima Agung Surabaya Suhaling melakukan pertemuan dengan Administratur KPH Parengan Setyo Salindra Putri di kantornya yang selanjutnya mengunjungi lokasi penanaman porang.

Dalam keterangannya Setyo Salindra Putri mengatakan, bahwa kedatangan investor tersebut akan membawa peluang usaha yang bagus bagi LMDH yang saat ini membudiyakan tanaman porang. “Saya berharap setelah melihat lokasi segera ada tindak lanjut kerjasama antara Perhutani dengan PT Prima Agung dan LMDH sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Desa setempat,” ujarnya.

Sementara Suhaling mengatakan, bahwa pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu setelah melihat langsung budidaya tanaman porang di lapangan. “Saya akan kaji dulu kesuburan tanah agar dapat menentukan prosentasi tumbuh dalam satu tahun nanti hasilnya bisa mencapai berapa ton setiap panen dan setelah itu jika sesuai, kami baru akan melakukan kesepakatan dengan Perhutani dan LMDH,” katanya. (Kom-PHT/Prg/Ags)

Editor : Ywn

Copyright©2020