"Loading..."

Tim Pusdiklat SDM LHK Bogor Surveillance Lembaga Diklat Terakreditasi Di Pusdikbang SDM Perhutani

MADIUN, PERHUTAN (13/12/2019) | Pusat Pendidikan dan Latihan Sumber Daya Manusia (Pusdiklat SDM) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Bogor melaksanakan Kegiatan Surveillance terhadap Lembaga Akreditasi di Pusat Pendidikan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Pusdikbang SDM) Perhutani yang dimulai tanggal 12 – 13 Desember 2019 di ruang rapat utama Pusdikbang SDM Perhutani Madiun,  Jumat (13/12).

Kegiatan Surveillance Akreditasi ini dilaksanakan dalam rangka pengawasan oleh Lembaga Pembina terhadap implementasi pelaksanaan program diklat yang telah terakreditasi. Dalam pelaksanaannya, kegiatan diawali dengan opening kegiatan Surveillance Akreditasi dan dilanjutkan dengan pengecekkan dokumen penyelenggaraan diklat.

Hasil yang diperoleh dari pengecekkan dokumen penyelenggaraan diklat adalah dalam kurun waktu 2017 sampai 2019 program diklat yang telah diakreditasi “A” di Pusdikbang SDM Perhutani ialah sebanyak 7  program diklat. Program diklat tersebut meliputi, Diklat Ganis Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL), Perencanaan Hutan, Pembinaan Hutan, Pengukuran dan Perpetaan, Pemanenan Hutan, Penguji Kelompok Minyak Getah dan Resin (Jipokmintahsin), Penguji Kayu Bulat Rimba Jati, serta Pemandu Wisata.

Salah satu Widyaiswara Ahli Utama, Bahdarsya menyampaikan bahwa  pelaksanaan kegiatan Surveillance Akreditasi ini merupakan suatu langkah dalam pengembangan program diklat yang akan datang, sesuai perkembangan revolusi  industri 4.0 dan kebutuhan SDM Unggul yang akan dilaksanakan dengan tahapan penyusunan program diklat, khususnya kurikulum dan silabus sesuai kebutuhan serta pengembangan metode penyelenggaraan dan/atau pembelajaran berbasis teknologi informasi.

Sementara Kepala Pusdikbang SDM Perhutani, Kristomo dalam kesempatan itu meminta kepada seluruh Tim Pusdikbang SDM Perhutani untuk tetap terus mempertahankan dan meningkatkan seluruh pelaksanaan diklat secara optimal.

“Mungkin akan ada beberapa catatan internal yang nantinya perlu disampaikan oleh Tim Pusdikbang SDM Perhutani kepada Kantor Direksi Perhutani, agar seluruh proses dan pelaksanaan seperti ini dapat terpantau seluruhnya. Karena seperti yang diketahui bahwa Pusdikbang SDM Perhutani adalah Support System dalam manajemen Sumber Daya Manusia Perum Perhutani.” ungkapnya

Narasumber dari Pusdiklat SDM LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) yang hadir pada kegiatan tersebut antara lain Kepala Sub Bidang Evaluasi Akreditasi dan Kerjasama, Widiyaiswara Ahli Utama, Staf Sub Bidang Evaluasi Akreditasi dan Kerjasama, serta Kepala Pusdikbang SDM Perhutani dan segenap pejabat struktural Pusdikbang SDM Perhutani. (Kom-PHT/Dik/Rb)

Editor : Ywn

Copyright©2019