"Loading..."

Tingkatkan Kesigapan, Perhutani Bersama Polresta Surakarta Adakan Kesamaptaan

SURAKARTA, PERHUTANI (11/11/2020) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta bersama Satuan Bimbingan Masyarakat (Sat Bin Mas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta mengadakan kegiatan Kesamaptaan di gedung Bhayangkara, Surakarta (11/11/2020).

Acara dihadiri oleh Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binsa) AKP. Febriyani Aer, Kepala Unit Keamanan Masyarakat (Kanit Kamsa) Polresta Surakarta AKP. Kanestri, Administratur KPH Surakarta Sugi Purwanta, Panit Bin Kam Sa AKP. Sudarman, Wakil Administratur Susilo Winardi, Instrusktur Fisik Suristo, Instruktur Pasukan Baris Berbaris (PBB) Herunanto, Perwira Pembina (Pabin) KPH Surakarta KomPol. Basirun, Segenap Asisten Perhutani (Asper), Komandan Regu (Danru) Siswo, Segenap Polisi Teritorial (Polter) dan Segenap anggota Polisi Hutan Mobil (Polhutmob).

Kegiatan dengan tema “Kesamaptaan Memupuk Jiwa Korsa dan Kesigapan Petugas Dalam Mengamankan Bentuk-bentuk Gangguan Keamanan Hutan” ini dilaksanakan dalam rangka membangun kekompakan dan kesigapan petugas lapangan dalam menjaga keamanan dan kelestarian hutan di wilayah KPH Surakarta. Kegiatan dimulai dengan apel kesiapan, pelatihan fisik yang meliputi cara menangkap pencuri kayu dan membela diri, kemudian ditutup dengan latihan baris berbaris.

Dalam sambutannya Administratur KPH Surakarta, Sugi Purwanta menyampaikan terima kasih atas kesediaan dan fasilitasi Polresta Surakarta dalam penyelenggaraan acara ini. Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan mental dan fisik petugas lapangan dalam menjaga keamanan dan kelestarian hutan, utamanya dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam yang mungkin terjadi di saat musim hujan seperti banjir dan tanah longsor.

“Saya berharap dengan latihan kesamaptaan ini petugas lapangan lebih siap secara fisik dan mental sehingga lebih sigap terhadap setiap kejadian gangguan keamanan hutan dan juga kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah KPH Surakarta,” tegas Sugi.

Kanit Kamsa Polresta Surakarta, AKP. Kanestri juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan  untuk meningkatkan kesiapan mental fisik para petugas yang di daerah agar dapat mengaplikasikan di lapangan atau satuan unit kerja masing-masing dalam kondisi apapun. Kemudian dalam masa pandemi ini agar selalu mengantisipasi dan menerapkan protokol kesehatan. (Kom-PHT/Ska/Ipk)

Editor : Ywn

Copyright©2020