"Loading..."

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Perhutani Ciamis Lakukan Pembinaan Perhutanan Sosial

CIAMIS, PERHUTANI (03/03/2021) | Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah sekitar hutan dan melaksanakan program Perhutanan Sosial (PS) dengan skema Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK), Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis mengadakan pembahasan dan pengawalan pembuatan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kerja Usaha (RKU) LMDH Mekar Rahayu, bertempat di Desa Golat, Kecamatan Panumbungan, Kabupaten Ciamis. Selasa (02/03).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (PPB) KPH Ciamis, Cucu Syarip Hidayat beserta jajaran, Kepala Desa Golat beserta jajaran, Ketua LMDH Mekar Rahayu, Suherli beserta anggota, dan Pendamping PS Desa Golat Dwinarto.

Administratur KPH Ciamis melalui Cucu Syarip Hidayat mengatakan bahwa kawasan hutan yang dikelola Perhutani mempunyai 3 aspek, yaitu kelola lingkungan, kelola sosial dan kelola ekonomi.

“Pengelolaan hutan di Perhutani harus berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat sekitar hutan, tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan sesuai dengan tujuan dari program Perhutanan Sosial,” ungkapnya.

Cucu menambahkan bahwa dalam pemanfaatan kawasan hutan melalui program Perhutanan Sosial, Perhutani sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya yang berada di wilayah sekitar hutan dan meningkatkan pendapatan bagi perusahaan.

“Program PS ini, hutan yang dikelola Perhutani terbuka aksesnya untuk masyarakat sekitar hutan, sehingga masyarakat dapat berperan dalam mengelola hutan dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah yang berlaku,” jelasnya.

Ketua LMDH Mekar Rahayu, Suherli menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani KPH Ciamis atas bimbingan dan bantuan petugas dalam kegiatan kerja sama kemitraan di Desa Golat.

“Kami atas nama LMDH Mekar Rahayu khususnya masyarakat Desa Golat, sangat antusias ikut serta dalam pengelolaan kawasan hutan melalui PS ini dengan tetap memperhatikan keberlanjutan fungsi hutan. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan kerja sama ini, kesejahteraan kami khususnya masyarakat sekitar hutan lebih meningkat,” pungkasnya. (Kom-PHT Ciamis/Bun)

Editor : Ywn
Copyright©2021