"Loading..."

Trabas Alas, Perhutani dan Kodim 0704 Patroli Bersama di Banjarnegara

KEDU SELATAN, PERHUTANI (11/03/2021) | Sebagai upaya antisipasi kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam di Kabupaten Banjarnegara, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan beserta jajaran Polisi Hutan dan Teritorial bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0704 Banjarnegara mengadakan patroli bersama menggunakan motor trail (trabas alas). Turut serta dalam patroli, Kepala Desa Pringamba dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lingkungan Kembang Mas, Selasa (09/03).

Trabas alas dilakukan dengan mengambil rute dari Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Dempes kemudian masuk wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pringombo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjarnegara menuju Tempat Pengumpulan Getah (TPG) Dempes untuk melihat situasi kegiatan di sana serta meninjau lokasi bencana alam longsor di Desa Pringamba. Rombongan kemudian melanjutkan ke lokasi pangkuan hutan Singomerto dan berakhir di wisata Curug Plethuk Desa Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan untuk berkoordinasi.

Administratur KPH Kedu Selatan, Komarudin disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa sebagai rimbawan, Perhutani harus selalu siap 24 jam. Ia pun berpesan untuk tetap memperhatikan kesehatan mengingat sekarang masih dalam situasi pandemi covid-19 sehingga segenap jajaran tetap bisa produktif untuk bekerja dengan protokol kesehatan.

“Di saat musim hujan tetap siaga memonitor lokasi yang rawan bencana banjir longsor dan di saat musim kemarau mengantisipasi kebakaran hutan. Jajaran petugas di lapangan termasuk Polhut diharapkan dapat menginformasikan cuaca terupdate kepada masyarakat sekitar lokasi rawan agar selalu hati-hati bilamana terjadi cuaca ekstrim. Disamping tetap mengupayakan koordinasi dengan pemerintah desa setempat juga stakeholder terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kodim, dan Polres,” ujarnya.

Dandim 0704 Banjarnegara, Letkol Sujeidi Faisal sangat senang bisa turut serta dalam patroli.

“Dengan kegiatan trabas ini, Kodim 0704 salah satunya bisa ikut memetakan dan mengetahui potensi di wilayahnya dilihat dari aspek pertahanan,” jelasnya. (Kom-PHT/Kds/Ken)

Editor : Ywn
Copyright©2021