"Loading..."

Trabas Bersama Perhutani Dan Polres Antisipasi Gukamhut Di Purworejo

KEDU SELATAN, PERHUTANI  (05/07/2020) | Upaya menekan gangguan keamanan hutan (gukamhut) di wilayah kawasan hutan Perhutani khususnya di Kabupaten Purworejo,  Kesatuan Pemangkuan Hutan Kedu Selatan menggandeng Polres Purworejo untuk terjun melakukan patroli bersama (04/07).

Koordinasi awal Perhutani dengan Polres Purworejo ini dilakukan dengan trabas hutan melewati jalur  Gebang-Bruno di tiga titik penghentian di Gong Silegi, Curug Gunung Putrid dan Hutan Sigendol. Ketiganya merupakan lokasi wisata Perhutani BKPH Purworejo.

Administratur KPH Kedu Selatan Yudha Suswardhanto menyampaikan bahwa koordinasi antisipasi gukamhut KPH Kedu Selatan penting khususnya wilayah kabupaten Purworejo mengingat wilayah hutan yang cukup luas, namun anggota Polhut yang terbatas.

“Perhutani butuh kerjasama dengan pihak Polres untuk penanganan gukamhut terutama kegiatan sosialisasi dan penegakan hukumnya, disamping sekaligus untuk antisipasi dan penanganan kebakaran hutan tentu saja“ jelas Yudha.

AKBP Rizal Marito, Kapolres Purworejo sangat mendukung koordinasi gukamhut dan berharap komunikasi antara Perhutani dengan Polres tetap terjaga sehingga setiap permasalahan gukamhut dapat segera diantisipasi dan diatasi.

“Terkait penanganan karhutla, Polres siap bekerjasama apalagi disamping karhutla kita juga antisipasi bencana, serta meminta Perhutani untuk menanam rumput vetiver di wilayah rawan longsor sebagai salah satu alternatif pencegahan” (Kom-PHT/KDS/Ken).

Editor : Ywn

Copyright©2020