"Loading..."

Wakil Gubernur Jawa Barat Sambangi Wana Wisata Perhutani Curug Candung, Tasikmalaya

TASIKMALAYA, PERHUTANI (12/01/2021) | Dalam upaya mempromosikan wisata Hutan Curug Candung, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum melakukan kunjungan ke Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya di lokasi wana wisata Curug Candung yang berada di Petak 23c, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tenjowaringin, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Singaparna, wilayah Administratif Desa Sirnagalih, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya pada Sabtu (09/01).

Kunjungan Wagub tersebut dihadiri oleh perwakilan jajaran Perhutani, Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Forkopimcam setempat dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Girimukti.

Di tempat terpisah Administratur KPH Tasikmalaya, Benny Suko Triatmoko menyampaikan bahwa wisata rintisan hutan Curug Candung ini selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar wisata, juga menawarkan penorama alam khas curugnya dan kesejukan  hamparan hutannya yang dapat dijadikan pilihan wisata masuk hutan tropis. Selain itu diharapkan menjadi primadona tujuan wisata bagi masyarakat Tasikmalaya dan luar Jawa Barat.

“Bagi Para pengunjung ke wisata rintisan hutan Curug Candung dapat menikmati keindahan air terjun di tengah hamparan hijaunya hutan serta berbagai fasilitas lainnya yang sudah tersedia, karena dapat memanjakan mata selama memandang suasana disekeliling lokasi yang masih sejuk dan asri,” tambah Benny.

Benny juga mengharapkan bahwa dengan adanya kunjungan Wakil Gubernur Jawa Barat, nantinya wisata rintisan Hutan Curug Candung yang telah di kerjasamakan antara Perhutani dengan masyarakat sekitar hutan yang tergabung dalam LMDH Giri Mukti ini dapat meningkatkan kontribusi untuk perusahan dan meningkatkan ekonomi masyarakat desa setempat, sekaligus masyarakat turut menjaga kelestarian sumber daya hutan, selain itu wisata tersebut diharapkan menjadi primadona dan destinasi wisata alam andalan Tasikmalaya.

Dalam kunjungannya Uu mengatakan jika di Provinsi Jawa Barat memiliki sejumlah objek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan dan bagi pencinta alam. Selain itu desa-desa di Jabar menyimpan keindahan alami yang dapat memanjakan mata dan memiliki kekayaan budaya, sehingga desa-desa di Jabar dapat menjadi destinasi pilihan wisatawan seperti wisata alam hutan Curug Candung, udaranya sejuk serta panorama alamnya sangat eksotis ditambah pesona hamparan hutan yang masih alami.

Menurut Uu, dengan banyaknya potensi wisata alam yang bisa dikembangkan seperti wisata Curug Candung, harapan kedepannya dapat membawa manfaat dan perubahan pada perekonomian warga sekitar wisata, selanjutnya warga tidak usah hijrah ke kota tapi memaksimalkan usahanya di daerah sekitar wisata.

“Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar saat ini intens berupaya untuk mempromosikan dan mengembangkan destinasi wisata di pedesaan, hal itu dilakukan untuk membuka lapangan kerja di pedesaan sekaligus pemberdayaan masyarakat di sekitar destinasi wisata,” tuturnya. (Kom-PHT/Tsk/AJB)

Editor : Ywn

Copyright©2021