"Loading..."

Wamen DPDTT : Budidaya Porang di Kawasan Hutan Saradan Bisa Sejahterakan Masyarakat

SARADAN, PERHUTANI (27/10/2020) | Wakil Menteri (Wamen) Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Budi Arie Setiadi bersama Anggota Komisi V DPR RI Sadarestuwati melakukan kunjungan ke wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan, Madiun (26/10).

Kunjungan tersebut untuk melihat langsung kegiatan pengelolaan budidaya tanaman porang dan potensi wana wisata pancur pitu yang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Desa Klangon. Wamen Budi Ari Setiadi bersama anggota DPR RI Sadarestuwati dalam kunjungannya diterima oleh Administratur KPH Saradan Bambang Cahyo Purnomo bersama Bupati Madiun dan jajarannya serta Ketua DPRD Kabupaten Madiun Fery Sudarsono bertempat di Balai Desa Klangon Kecamatan Saradan.

Bambang Cahyo Purnomo dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa di wilayah kerjanya yang pengelolaan hutannya dikerjasamakan dengan LMDH tepatnya di Desa Klangon tersebut memiliki potensi sumberdaya hutan yakni budidaya tanaman porang dan pengelolaan wana wisata pancur pitu yang sudah ditetapkan sebagai lokasi wisata rintisan tahun 2020 di wilayah Perhutani Divisi Regional Jawa Timur.

”Potensi porang dan wisata tersebut pengelolaannya kita kerjasamakan dengan LMDH setempat, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dan sebagai implementasi dari pemberdayaan masyarakat,” jelas Bambang.

Sementara itu Wakil Menteri DPDTT Budi Ari Setiadi dalam sambutannya mengajak masyarakat setempat agar mempertahankan dan mengembangkan budidaya porang mengingat permintaan pasar yang sangat tinggi. “Pengembangan budidaya porang tersebut dapat meningkatkan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat sekitarnya,” ujarnya. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2020