"Loading..."

Wisata Alam Rintisan Bukit Gedogan Destinasi Wisata Perhutani Tasikmalaya

TASIKMALAYA, PERHUTANI (23/03/2019) | Wisata alam rintisan Bukit Gedogan tidak kalah indahnya dengan wisata–wisata alam yang ada di Tasikmalaya. Destinasi wisata Bukit Gedogan merupakan bukit hamparan hutan Pinus yang Hijau berada di petak 65a Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sodong Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Taraju Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya, masuk  wilayah administratif Desa Cukangjayaguna Kecamatan Sodong Hilir Kabupaten Tasikmalaya, Senin (25/03).

Perjalanan menuju lokasi melewati hamparan sawah dan sungai yang indah dan menawan, merupakan panorama alam yang dapat dinikmati pengunjung sepanjang perjalanan. Sesampainya di Bukit Gedogan pengunjung dapat merasakan udara pegunungan yang segar dengan nuansa yang ditawarkan berbeda dibanding destinasi wisata di Tasikmalaya pada umumnya.

Administratur Perhutani KPH Tasikmalaya Benny Suko Triamoko menyampaikan, pihaknya akan terus mengembangkan potensi wisata alam Bukit Gedogan dengan menambah fasilitas seperti gazebo, sarana outbound dan flying fox, “Kedepannya diharapakan Pemerintah Daerah turut serta membangun kawasan wisata alam rintisan Bukit Gedogan ini, agar tercipta kawasan yang mandiri sehingga menghasilkan pendapatan bagi masyarakat sekitar hutan”, ungkapnya.

Benny berharap dengan adanya pengembangan wisata Bukit Gedogan, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dapat aktif untuk memajukannya sehingga kedepan menjadi destinasi wisata yang terkenal di Tasikmalaya, “LMDH harus berperan serta dalam pengelolaan wisata alam rintisan Bukit Gedogan ini agar tercipta pengelolaan yang harmonis dan dinamis untuk kemajuan masyarakat, sehingga manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat sekitar hutan”,  pungkasnya.

Ketua LMDH Jaya Mekar Nunu menyampaikan terima kasih kepada Perum Perhutani yang memberikan kesempatan untuk memanfatkan potensi hutan wisata alam Bukit Gedogan yang ada di wilayahnya, “Kami berharap dengan dimanfatkannya potensi hutan Perhutani ini akan turut meningkatkan perekonomian dan kesejahtaraan  warga masyarakat sekitar hutan. LMDH siap mengawal dan melestarikan hutan untuk kemaslahatakan bersama”, pungkas Nunu.

Dani, salah seorang pengunjung dari kota Tasikmalaya mengatakan, wisata alam rintisan Bukit Gedogan sangat mempesona dengan pesona alamnya yang indah dan asri, “Hanya  saja akses jalan perlu diperbaiki sehingga selain kendaraan roda 2 kendaraan roda 4 bisa masuk”, ujarnya. (Kom-Pht/Tsk/Ags)

 
Editor : Ywn
Copyright©2019