"Loading..."

Wisata Genilangit Perhutani Jadi Tujuan Studi Banding KUPS dan BPSKL Kalimantan

LAWU DS, PERHUTANI (19/11/2020) | Destinasi Wisata Genilangit Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds menjadi salah satu tujuan tempat studi banding pengembangan wisata oleh Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) dari Kalimantan beserta Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Kalimantan, Rabu (19/11).

Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 40 orang anggota KUPS dan BPSKL Kalimantan dan bertempat di lokasi wisata Genilangit Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Genilangit yang secara administratif masuk Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Peserta studi banding dilokasi tersebut belajar untuk mengelola wana wisata yang antara lain melakukan diskusi dengan pengelola, pengenalan wahana dan belajar menciptakan wisata yang bersih dan asri.

Administratur KPH Lawu Ds Asep Dedi Mulyadi saat dihubungi di tempat terpisah menyatakan, bahwa pihaknya sangat terbuka jika ada KUPS dari tempat lain yang melakukan studi banding di wilayahnya. “Saya ucapkan terima kasih kepada BPSKL Kalimantan yang mengambil tempat studi banding di kawasan wisata Genilangit,” ujarnya.

“Semoga dengan ilmu yang telah di peroleh dari hasil studi banding ini dapat diterapkan di Kalimantan dan bisa membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha wisata untuk membuka peluang usaha menghidupkan perekonomian masyarakat disana,” imbuh Asep.

Kepala Seksi PKUPS BPSKL Wilayah Kalimantan Lukas Tangalobo menyatakan, ia merasa berkesan dalam kunjungan langsung ke wisata Genilangit tersebut. “Semua ilmu yang telah didapat nantinya dapat diterapkan pengelolaannya bersama masyarakat,” ucapnya. “Kami berharap semoga hasil studi banding ini bisa diterapkan untuk¬† pengembangan wisata guna menghidupkan perekonomian dan menciptakan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian hutan,” terangnya. (Kom-PHT/Lwuds/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2020