"Loading..."

Wisata Gunung Telomoyo Buka Lagi 25 Juli, Jadwal Kunjungan Dibagi-bagi

KOMPAS.COM (23/7/2020) | Wisata Gunung Telomoyo, Jawa Tengah akan dibuka kembali mulai Sabtu (25/7/2020). Pembukaan ini dalam tahap uji coba setelah penutupan akibat membludaknya pengunjung pada Minggu (19/7/2020). Hal ini tertulis dalam surat Perhutani Nomor 0076/002.3.AMBRW-KDU/KDU/DIVRE JATENG/2020 perihal Tindak Lanjut Evaluasi Wisata Telomoyo. \

Adapun surat tersebut dikonfirmasi langsung oleh Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pandean sekaligus Pengelola Wisata Telomoyo, Wardoyo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (22/7/2020).

“Sabtu 25 Juli sampai Kamis 30 Juli, uji coba berbayar dengan skenario yang terbagi dalam paket-paket serta waktu maksimal kunjungan,” kata Wardoyo.

Adapun pihaknya telah memiliki kesepakatan antara lain melakukan persiapan sebelum membuka kembali uji coba wisata Gunung Telomoyo pada Sabtu besok. Ia mengatakan, persiapan telah dilakukan mulai dari 22-23 Juli 2020. Dua hari ini, pihaknya akan melakukan simulasi pembukaan.

“Jumat libur penyemprotan lokasi dengan disinfektan dan bersih sampah,” ujarnya.

Kapasitas pengunjung dibatasi 300 orang per paket Untuk mengantisipasi terjadinya keramaian sepeda motor di Gunung Telomoyo, Wardoyo menjelaskan pihaknya melakukan pembatasan jumlah pengunjung yaitu hanya 300 orang per paketnya. Tak hanya itu, pengelola juga akan mengatur sistem loket dengan membuat pintu cek poin setelah loket atau setelah parkiran.

“Maksudnya untuk mengontrol jumlah pengunjung sesuai ketentuan yang berlaku,” terangnya.

Hal ini juga disepakati oleh Ketua Pengelola Wisata Telomoyo via Ardat, Edi Sutrisno. Ia menjelaskan, basecamp Ardat via Dalangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah akan menerapkan hal yang sama yaitu menyiapkan kantung parkir atau rest area dengan mengerahkan personel pengatur di lapangan. Personel ini lah yang nantinya akan mengatur dan mengontrol jumlah pengunjung baik sebelum menuju puncak, dan yang sedang berada di puncak.

“Teknisnya, untuk menghindari adanya kemacetan seperti kemarin, kami siapkan kantong parkir sebelum puncak dan mengontrol jumlah pengunjung yang tertahan di puncak,” jelasnya.

Harga tiket masuk belum diketahui pasti Terkait berapa biaya tiket masuk yang harus dibayarkan pengunjung wisata Gunung Telomoyo, Wardoyo mengaku belum mengetahui pasti harga tersebut. Pihaknya akan menunggu jalannya evaluasi dari simulasi selama dua hari ini Rabu dan Kamis. Selain itu, pihaknya juga akan berencana mengelola pembayaran tiket melalui elektronik atau e-ticketing.

“Untuk besaran tiket masuk masih menunggu evaluasi dari simulasi. Serta penjajagan pengelolaan tiket dengan e-ticketing,” tuturnya.

Berikut pembagian jadwal kunjungan wisata Gunung Telomoyo jika kembali buka Sabtu 25 Juli sampai Kamis 30 Juli:

  1. Paket sunrise mulai pukul 04.00-09.00 WIB, maksimal 300 orang via Dalangan (basecamp Ardat)
  2. Paket 2 jam, mulai pukul 09.00-12.00 WIB, maksimal 300 orang via Dalangan (basecamp Ardat)
  3. Paket 3 jam, mulai pukul 12.00-15.00 WIB, maksimal 300 orang via Dalangan (basecamp Ardat)
  4. Paket sunset, mulai pukul 15.00-19.00 WIB, maksimal 300 orang via Dalangan (basecamp Ardat)

Sumber : kompas.com

Tanggal : 23 Juli 2020