"Loading..."

Wisata Mangrove Siap Digarap

img8-5TANGERANG EKSPRESS (26/1/2017) | 225 Hektare Pesisir Tanjung Pasir Ditanami Bakau.

Pemkab Tangerang berencana menambah objek wisata baru yang terletak di pesisir utara Kabupaten Tangerang. Kawasan Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk naga di lahan seluas 225 hektare telah di­tumbuhi jutaan batang pohon bakau (mangrove). Objek wisata ini berada di pesisir Laut Jawa dan tumbuh pohon bakau sebagai penyangga dan pencegah abrasi pantai.

Pemkab Tangerang sudah menjalin kerja sama dengan Perum Perhutani menyangkut objek wisata itu. Nota kesepahaman sudah disepakati dan mulai digarap pada pertengahan Jan­uari 2017. Objek wisata itu berada di kawasan yang selama ini merupakan wilayah kerja Perum Perhutani.

“Hutan bakau tersebut selain men­jaga kelestarian lingkungan pesisir, juga dapat memberikan kontribusi berupa pendapatan asli daerah atau PAD dari sektor pariwisata,” kata Sekretaris Daerah Pemkab Tangerang Iskandar Mirsyad.

Dia menambahkan pada objek wisata itu juga akan dibangun pras­arana dan sarana pendukung seperti tempat penginapan dan jembatan yang menghubungkan darat dengan lautan. Bahkan pembangunan proyek tersebut melalui beberapa tahapan di antaranya dengan membangun prasarana jalan menuju objek wisata yang selama ini dianggap sempit.

Konsep penataan kawasan itu direncanakan sesuai dengan wilayah serupa di Muara Angke, Jakarta Ut­ara dan di Pantai Anyer, Kabupaten Serang, (ant/bha)

 
Sumber: Tangerang Ekspress, hal. 15
Tanggal: 26 Januari 2017